Kami ingin menghidupkan kembali tradisi

berpikir, bertanya, dan berefleksi

 

SoalSial lahir dari kegelisahan kami terhadap kian melemahnya kebiasaan membaca dan berpikir reflektif. Kami menemui makin banyak orang yang lebih suka mendengar daripada mendengarkan, lebih banyak membaca asal membaca tanpa menyimak apalagi mengritisi.

Berbagai pendapat atau komentar di media baik offline, maupun online terhadap suatu peristiwa seringkali kurang dilandasi logika yang jernih apalagi kedalaman berpikir.

Melalui website ini, kami maunya:

Mencairkan kebekuan paradigmatik dalam melihat hidup keseharian,

Membedah berbagai pemakanaan sosialitas yang faktanya justru menghasilkan kesialan,

Membangun proposisi, postulasi, asumsi, dan prinsip sosialitas alternatif bagi permasalahan-permasalahan sosial,

Menawarkan bursa epistemik guna meretas kebuntuan dalam pemecahan masalah dan pembuatan keputusan baik di lingkup personal, familial, komunitas dan sosietal,

Secara partisipatif berbagi dan menemukan cara pemecahan masalah yang pernah dihadapi.

Refleksi tanpa aksi adalah omong kosong dan aksi tanpa refleksi adalah sia-sia. Kami merasa menulis adalah salah satu cara efektif untuk menghidupkan kembali kebiasaan tersebut.

 

Tentang Edy Suhardono pendiri SoalSial

 

Edy Suhardono

SoalSial digagas pada bulan April 2013 oleh Edy Suhardono. Ia adalah Direktur IISA VISI WASKITA, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang asemen, konsultasi, dan riset. Edy Suhardono adalah seorang Psychologist, Therapist, Expert Assessor, Metodologist, dan Facilitator.

Ia pernah menjadi akademisi-pengajar-peneliti di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, Surabaya, 1986-96); Lembaga Penelitian Universitas Surabaya (1997-98); Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya (1998–2004); Program Pasca-Sarjana Magister Manajemen, Universitas Surabaya dan Universitas Widya Mandala, Surabaya (1997–2004); Pengajar Program Doktor Studi Ilmu-Ilmu Sosial, Universitas Airlangga, Surabaya (1998–2004); dan Pusat Kajian Psikologi Terapan (PKPT Unair, 1987–96).

Beragam wilayah yang pernah ia lintasi dan pemaknaan terhadap berbagai realitas yang ia temui menggerakkannya membuat sebuah media gagasan online, yakni Soalsial — sebuah situs berisi tentang cermatan, refleksi, dan solusi masalah sosial.

Karya Edy Suhardono lewat buku: Teori Peran: Konsep, Implikasi dan  Derivasinya; Pengantar Prof.  Dr.  Sarlito Wirawan Sarwono (Jakarta: PT Gramedia, 1994) Psikologi Lintas-Budaya:  Riset dan Aplikasinya; Pengantar: Dr. Bernadette  N. Setiadi. (Jakarta: PT Gramedia, 1999, terjemahan dari Berry et al., Cross-Cultural Psychology: Research and Applications) Kontributor dalam “Merajut Kembali Postulat-postulat tentang Hubungan Pemerintah dan Warga Negara” (Kado untuk Prof Soetandyo Wignyosoebroto, MPA.). Kontributor dalam Susilo, B. I. (Ed.), Masyarakat dan Negara; “Isu dan Krisis Kepercayaan”. Kontributor dalam YSLPL, Rekonstruksi  Psikologi Berdimensi Kerakyatan, (Semarang: 1999); dan Panorama Survey. (Gramedia Pustaka Utama: Jakarta, 2001).

Sejumlah tulisan Edy Suhardono dapat Anda temukan di:

pembelajar.com

mayaaksara.com

academia.edu

unisosdem.org

sesawi.net

Bagaimana cara Anda menghubungi Edy Suhardono?

Ikuti Edy Suhardono di: IISA VISI WASKITA, Facebook IISA VISI WASKITA, Twitter IISA VISI WASKITA, Facebook Soalsial, Twitter Soalsial.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>